Monday, September 20, 2021
Home > Kegiatan > Ramadhan Bersama Para Penghafal Al Qur’an

Ramadhan Bersama Para Penghafal Al Qur’an

RAMADHAN BERSAMA PARA PENGHAFAL AL QUR’AN

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebagaimana sudah berjalan sejak 6 tahun yang lalu, Alhamdulillah bulan Ramadhan 1442 H ini Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an An Nahl Grabag Magelang kembali mengadakan kegiatan yang bertema :

“Ramadhan Bersama Para Penghafal Al Qur’an”

Kegiatan yang diselenggarakan selama bulan Ramadhan ini terdiri dari berbagai acara antara lain :

1. Buka puasa dan sahur bersama keluarga besar Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) An Nahl Grabag Magelang.

Setiap hari kami menyiapkan 80 porsi buka puasa dan 80 porsi sahur untuk para santri, karyawan, ustadz dan ustadzah beserta keluarga. Buka puasa diadakan di gedung PPTQ An Nahl sedangkan untuk sahur selain menyiapkan menu sahur untuk para santri kami juga menyiapkan menu sahur untuk seluruh keluarga guru dan karyawan yang dibawa pulang ke rumah masing-masing setelah selesai buka puasa bersama.

Kami mengajak bapak dan ibu kaum muslimin menyisihkan sebagian rizki bapak dan ibu untuk mendukung kegiatan buka dan sahur bersama ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Barangsiapa memberikan makan buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR Tirmidzi dinyatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

2. Tasmi’ Al Qur’an, Kajian Ramadhan, sholat Tarawih berjamaah 16 Juz Al Qur’an

Di samping acara buka puasa untuk keluarga besar SDTQ dan PPTQ An Nahl, kami juga mengundang wali murid SDTQ An Nahl untuk mengikuti buka bersama sekali dalam sepekan. Acara buka bersama ini sekaligus juga menampilkan prestasi para siswa SDTQ An Nahl baik hafalan Al Qur’an, Hadits dan do’a sehari-hari. Selain penampilan dari para santri, kami juga mengundang nara sumber dari luar. Ramadhan 1442 H ini kami mengundang Kak Amr dari Solo yang terkenal sebagai pendongeng untuk anak-anak TK dan SD.

PPTQ An Nahl juga mengadakan sholat tarawih berjamaah dengan imam para santri secara bergantian setiap hari. Sholat tarawih yang dilaksanakan di musholla PPTQ An Nahl ini diikuti oleh semua santri, para ustadz, karyawan dan keluarga. Alhamdulillah sholat berjalan khusyu’ meskipun berlangsung cukup lama karena setiap malam menyelesaikan 1 juz Al Qur’an.

3. Pembagian sembako dan zakat fithrah kepada masyarakat sekitar Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) An Nahl

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahim antara SDTQ dan PPTQ An Nahl dengan masyarakat sekitar juga untuk syiar lembaga. Selama 6 tahun ini kami biasanya membagikan 60 hingga 80 paket sembako yang berisi beras, kecap, syrup, gula pasir, teh celup, tepung terigu, biskuit dan minyak goreng.

4. Pembagian parcel lebaran kepada ustadz/ustadzah dan karyawan Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) An Nahl

Selain Tunjangan Hari Raya, kami juga membagikan bingkisan lebaran kepada para ustadz/ustadzah dan karyawan SDTQ dan PPTQ An Nahl berupa sembako dan baju lebaran.

5. Pembagian hadiah kepada siswa kelas 6 SDTQ An Nahl yang telah menyelesaikan ujian Tasmi’ 3-15 juz

Alhamdulillah tahun ajaran 2021/2022 ini Sekolah Dasar Tahfizhul Qur’an (SDTQ) An Nahl meluluskan 8 siswa. Mereka juga telah berhasil lulus ujian tasmi’ hafalan Al Qur’an 6-15 juz. Beberapa siswa hanya memiliki hafalan 3 juz karena mereka merupakan siswa pindahan dari sekolah lain dan baru 2-3 tahun belajar di SDTQ. Sebagai salah satu bentuk penghargaan atas prestasi mereka, kami memberikan hadiah kepada masing-masing siswa berupa :

  • Uang tunai Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) per juz yang mereka hafal dan telah lulus ujian tasmi’ (kesalahan tidak lebih dari 2)
  • Mushaf Al Qur’an, baju koko dan peci untuk siswa laki-laki, mushaf dan mukena untuk siswi perempuan